Berikut adalah peran komputer dalam bidang perbankan kecuali

Jawaban dari pertanyaan berikut adalah peran komputer dalam bidang perbankan kecuali satpam bank.

Lalu apa saja peran komputer dalam bidang perbankan? Kami akan menjelaskannya pada artikel dibawah ini.

Peran Komputer Dalam Bidang Perbankan

Komputer di sektor perbankan telah meningkatkan layanan pelanggan dan produktivitas terkait pengelolaan rekening, sekaligus merampingkan aktivitas back-office.

Dampak terbesar adalah pada persaingan. Lembaga perbankan kecil dapat mengakses teknologi yang sama dengan lembaga perbankan besar dan, oleh karena itu, dapat bersaing dengan mereka secara lebih efektif untuk bisnis.

Manajemen akun

Di perbankan, kegiatan dimulai dengan bank mengotomatisasi rekening pelanggan, yang memungkinkan personel untuk membuat, memperbarui dan memelihara catatan pelanggan.

Hardware dan software perbankan telah meningkatkan keakuratan rekening yang diproses oleh teller dan personel perbankan lainnya.

Software perbankan melakukan transaksi nasabah melalui sistem pencatatan data terpusat. Manajemen akun adalah asal dan tulang punggung dari semua sistem informasi perbankan.

Baca Juga:  Jawaban Soal Sikap Permulaan Menirukan Burung Bangau Adalah

Teknologi Perangkat Keras

Pada 1960-an, perangkat keras bank terdiri dari mainframe dan mesin kartu punch. Kartu punch berisi informasi akun pelanggan dan dibacakan ke dalam sistem utama oleh mesin kartu punch.

Konfigurasi perangkat keras kelas menengah dan klien/server, yang tidak lebih besar dari sistem minitower, dapat menjalankan seluruh bank selain menerima transaksi dari cabang bank yang berafiliasi.

Teknologi perangkat keras baru ini dapat memproses lebih banyak transaksi daripada sistem perangkat keras perbankan lama. Teknologi perangkat keras telah memungkinkan kemajuan dalam perbankan nirkabel dan perbankan telekomunikasi.

Transaksi Elektronik

Sistem perbankan harus melakukan transaksi elektronik. Setoran langsung adalah contoh transaksi elektronik.

Komputer yang memproses transaksi elektronik harus memiliki kemampuan enkripsi perangkat keras dan perangkat lunak agar data tidak dikompromikan selama transmisi.

Baca Juga:  Jawaban Soal Musik Nontradisional Yang Identik Dengan Goyangan Adalah

Setelah komputer melakukan transmisi elektronik, ia mentransfer informasi ke sistem komputer utama untuk diproses dan diperbarui.

Bank telah memperluas kemampuan transaksi elektronik melalui telepon rumah dan telepon seluler, Internet dan ATM.

Perbankan berbasis web

Sistem perbankan berbasis web menggunakan dedicated server melalui sistem jaringan bank. Area sistem perbankan dipartisi untuk aplikasi Internet.

Sistem perbankan berbasis web secara hukum harus menyertakan server yang aman dan sertifikat yang diautentikasi mengenai transaksi dari Perusahaan Asuransi Deposit Federal dan Dewan Federal Reserve.

Nasabah yang memilih bank online dapat mengakses rekening mereka melalui antarmuka web, yang terintegrasi dengan komputer utama. Kredensial pelanggan – ID pengguna dan kata sandi – melewati beberapa pos pemeriksaan sebelum memasuki sistem utama untuk melakukan transaksi berbasis web.

Baca Juga:  Penjelajah web adalah jenis yang paling sering digunakan

Berikut adalah peran komputer dalam bidang perbankan kecuali

Jika disimpulkan, Di sektor perbankan, penggunaan komputer adalah

  • Di bank, komputer digunakan untuk menyimpan informasi rekening dari rekening pelanggan.
    Bank menggunakan teknologi untuk melakukan pembayaran secara efektif dan berhasil.
  • Komputer membantu bankir menyimpan catatan dan memverifikasi catatan keuangan lebih cepat.
  • Di dunia sekarang ini, ATM terlihat hampir di setiap jalur, yang akan menjadi mesin itu sendiri yang memungkinkan pelanggan menghemat waktu.
  • Perbankan online juga merupakan salah satu cara bagi individu untuk melakukan pembelian setiap saat atau menampilkan saldo mereka.

Demikian penjelasan atas pertanyaan berikut adalah peran komputer dalam bidang perbankan kecuali. Semoga penjelasan diatas dapat membantu Kamu untuk menjawab soal.