sistem operasi yang hanya dapat dijalankan pada komputer jenis apple, yakni

Jawaban dari pertanyaan sistem operasi yang hanya dapat dijalankan pada komputer jenis apple, yakni Macintosh

Lalu apa itu Macintosh? Temukan ulasan pada artikel dibawah ini.

Apa Itu Macintosh

Macintosh adalah PC yang awalnya dibuat oleh Apple pada tahun 1984 dengan nama merek yang masih digunakan sampai sekarang dengan nama singkat “Mac.”

Nilai jual utama dari Macintosh asli adalah interface grafisnya karena sampai saat itu semua komputer (dengan pengecualian Sinclair QL yang gagal secara komersial yang dirilis satu bulan sebelum Macintosh asli) memiliki interface berbasis teks.

Macintosh populer secara komersial tetapi karena label harganya yang tinggi menemukan sebagian besar kesuksesannya di pasar penerbitan desktop dan pendidikan, alih-alih kehilangan pasar rumah tangga dan korporat ke Commodore 64 yang lebih murah dan “Komputer Pribadi” IBM.

Mac modern telah memposisikan dirinya secara kokoh di pasar konsumen dan pencipta dengan berfokus pada rangkaian perangkat lunak produktivitas yang mudah digunakan, terutama untuk pembuatan dan pengeditan video, grafik, dan fotografi.

Baca Juga:  Jawaban Soal Perangkat Lunak Berikut Digunakan Sebagai Browser Adalah

Macintosh pada awalnya relatif populer berjuang dengan label harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan PC Windows yang bersaing dan lebih murah sementara juga memiliki perangkat lunak yang jauh lebih sedikit tersedia.

Ketika Pendiri Steve Jobs kembali ke perusahaan, dia mampu membalikkan popularitas Mac, akhirnya kesuksesan iPod dan kemudian iPhone menyebabkan pelanggan Apple yang puas membeli Apple Mac daripada PC Windows.

Sistem operasi Mac pada awalnya didasarkan pada Lisa OS yang ditulis untuk komputer Apple Lisa sebelumnya. Sistem operasi Mac modern adalah OS X, yang diturunkan dari arsitektur BSD Unix, ini memungkinkan beberapa interoperabilitas skrip dan perangkat lunak berbasis Linux.

Apple telah merilis basis sistem operasi di bawah lisensi opensource sebagai “Darwin”, Apple menggunakan Darwin dan kemudian melapisi perangkat lunak lain seperti interface “Aqua” di atasnya untuk membuat Mac OS X.

Baca Juga:  [JAWABAN] Tuliskan Empat Syarat Terjadinya Komunikasi Dalam Sebuah Percakapan Berbasis Teknologi Informasi

Kegunaan Macintosh Secara Umum

  • Macintosh adalah keluarga komputer pribadi yang dirancang, diproduksi, dan dijual oleh Apple.
  • Komputer Macintosh asli memiliki 128 KB RAM dan diganti namanya menjadi Macintosh 128k ketika penggantinya Macintosh 512k dirilis.
  • Macintosh adalah keluarga PC yang awalnya dibuat oleh Apple pada tahun 1984 dengan nama merek yang masih digunakan sampai sekarang dengan nama singkat “Mac.”

Sistem operasi yang hanya dapat dijalankan pada komputer jenis apple, yakni

Sistem Operasi Macintosh (Mac OS) adalah sistem operasi (OS) yang dirancang oleh Apple Inc. untuk diinstal dan dioperasikan pada komputer seri Apple Macintosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, ini adalah OS berbasis antarmuka pengguna grafis (GUI) yang sejak itu telah dirilis sebagai beberapa versi berbeda.

Baca Juga:  Jawaban Soal Pengembangan Teknologi Harus Mengutamakan Penguasaan

Awalnya, Mac OS dikenal sebagai System Software.

Mac OS dianggap sebagai pelopor sistem operasi berbasis GUI, karena diluncurkan ketika MS-DOS menjadi standar industri. Mac OS adalah OS yang sepenuhnya mampu yang menyediakan fungsionalitas dan layanan yang mirip dengan OS Windows atau Linux. Beberapa basis kode dan fitur Lisa OS telah dimasukkan ke dalam Mac OS.

Mac OS dirancang untuk beroperasi pada PC buatan Apple dan secara default, tidak mendukung arsitektur x86.

Pada 2012, Mac OS merilis beberapa versi, termasuk Macintosh 128k, Mac OS 7, Mac OS X dan Mac Mountain Lion.

Dari uraian diatas Kita sudah dapat menjawab sistem operasi yang hanya dapat dijalankan pada komputer jenis apple yakni sistem Operasi Macintosh. Semoga bermanfaat.