10 Cara Mudah Mengatasi Set top Box Tidak Berfungsi Untuk Semua Merk

Seputarwarganet.com – Kamu tahu gak kenapa set top box tidak berfungsi? Jadi, set top box tuh penting banget, lho. Perangkat STB bisa bikin TV LED atau TV tabung yang belum bisa nangkep sinyal digital.

Selain itu, set top box juga bisa dipake buat nonton YouTube dan main game kayak di smartphone dan masih banyak lagi.

Nah, kamu tahu nggak, seringkali ada masalah yang bikin set top box error dan nggak bisa berfungsi dengan baik.

Jadi, kenapa set top box tidak berfungsi?

Ada beberapa alasan yang bisa jadi penyebabnya, nih. Berikut solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini:

Penyebab dan Cara Mengatasi Set top Box Tidak Berfungsi 

Nah, ada 7 cara buat menyelesaikan masalah ini, lho. Jadi, kamu pengen tahu gimana caranya? Nah, berikut penjelasannya yang bisa kamu simak:

Check Koneksi Internet

Kebanyakan pengguna set top box seringkali ngeluhkan masalah STB tidak berfungsi ketika mengakses aplikasi online kayak YouTube, Netflix, atau buka browser, padahal udah nyambung ke internet, lho.

Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, gitu. Salah satunya, jarak router terlalu jauh atau lagi ada gangguan di provider internet yang kamu pake.

Jadi, nggak ada salahnya, kamu cek dulu kecepatan internet di rumah kamu. Buat ceknya, bisa pake aplikasi Speedtest di ponsel.

Kalo ternyata internetnya lambat, Kami sarankan untuk kamu coba reconnect wifi di STBnya.

Di sisi lain, kalo internetnya masih bermasalah di STB, bisa juga karena dongle wifi nggak tersambung dengan benar atau malah udah rusak.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi TV Digital Sidoarjo Terbaru & Sekitarnya

Biasanya, set top box merk populer kayak Matrix Apple, Luby, Evercoss, Advance STP A01 butuh dongle wifi buat nyambung ke internet, lho.

Pastikan dongle wifi kamu terpasang dengan bener di port USB di belakang STB. Kalo udah, seharusnya STB bisa scan jaringan wifi terdekat dan kamu cuma perlu menghubungkannya aja.

Gunakan Tombol Power Fisik

Selain pake remote, kamu juga bisa nyalain set top box pake tombol power fisik yang biasanya ada di bagian depan STB, lho.

Jadi, semua merk STB seharusnya udah punya tombol power fisik ini buat nyalain STB kalo remotnya nggak berfungsi.

Bisa juga sih masalahnya STB yang nggak berfungsi gara-gara remotnya rusak, gitu.

Remote Set top Box Tidak Berfungsi

Kenapa sih set top box nggak nyala? Jangan langsung mikir kalo STB yang rusak, lho. Ini bisa jadi gara-gara remot STB yang nggak berfungsi, makanya kamu nggak bisa nyalain STB pake remot.

Cara kedua yang bisa kamu coba buat pastiin apakah remot STB berfungsi atau nggak.

Kalo ternyata masalahnya ada di remot, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah pasang ulang baterai remot STB.

Soalnya kadang baterainya bisa longgar kalo remot STB jatuh atau kebentur. Tapi kalo remotnya masih nggak berfungsi juga, saran kita sih ganti baterainya dengan yang baru, ya.

Check Sumber Daya Set top Box

Jangan khawatir kalo set top box kamu nggak nyala, ya. Ada tips lain yang bisa kamu coba biar STB-nya bisa berfungsi lagi. Salah satunya, kamu bisa periksa sumber daya dari STB-nya.

Baca Juga:  Apa Itu Scalping Saham? Cara Cepat Menghasilkan Keuntungan di Pasar Saham

Pertama, coba deh soft reset dengan cara tahan tombol power STB kurang lebih 15 detik sampe STB nyala lagi. Kalo cara ini nggak berhasil, kamu bisa cabut kabel power STB beberapa detik, terus colokin lagi.

Selain itu, pastiin juga kabel power STB udah terhubung dengan baik ke stop kontak listrik. Nah, coba juga colokin kabel STB ke stop kontak yang lain.

Kalo kabel power STB bisa dilepas, kamu bisa coba pake kabel yang lain buat pastiin apakah kabel STB-nya masih bagus atau udah rusak.

Restart Set top Box

Kadang-kadang kamu perlu restart set top box kalo ada masalah sama sistem operasinya, kayak aplikasi yang nggak bisa dibuka, STB nggak bisa nyambung ke internet, sering hang atau macet, atau nggak bisa scan siaran TV digital.

Lalu, caranya gimana? Gampang kok.

Kamu tinggal mencabut kabel power set top box selama sekitar 30 detik, terus colokan lagi kabelnya sampe STB nyala lagi.

Selain buat ngatasi masalah, restart STB juga bisa bantu kalo STB-nya jadi lemot, lho. Jadi, nggak perlu ribet deh!

Update Software Set top Box

Selain cara yang udah dijelasin tadi, kamu juga bisa ngatasi masalah kalo set top box nggak berfungsi dengan cara update software-nya ke versi terbaru.

Biasanya, kamu bakal dapet notifikasi kalo ada software versi terbaru yang tersedia, atau kamu bisa cek sendiri di menu pengaturan STB, tepatnya di bagian [Pembaruan Software].

Selain buat ngatasi masalah, update software juga bisa bawain beberapa hal baru buat STB kamu, kayak tampilan yang beda, fitur tambahan, atau peningkatan sistem lainnya.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi TV Digital Kudus & Sekitarnya DVB-T2 Terbaru

Tapi, pastiin dulu ya STB kamu terhubung ke internet sebelum download pembaruan software-nya. Jadi, kamu bisa tetap update dan nikmatin fitur terbaru STB kamu.

Reset STB ke Pengaturan Pabrik

Cara yang biasanya efektif buat ngatasi set top box tidak berfungsi adalah dengan mereset STB ke pengaturan pabrik.

Jadi, kenapa harus kayak gitu? Karena kalo STB-nya udah lama dipake, bisa aja nyimpen banyak data, dan itu bisa bikin sistem STB jadi nggak stabil.

Kalo kamu reset ke pengaturan pabrik, artinya semua pengaturan STB kamu balik lagi kayak pertama kali beli, dan semua file yang tersimpan di STB juga akan terhapus.

Jadi, sebelum kamu reset, lebih baik backup dulu data yang penting, ya.

Setiap merk STB punya cara berbeda buat akses menu pengaturan pabriknya, tapi biasanya kamu bisa temuin menu ini di bagian [Pengaturan].

Jadi, kamu tinggal cari opsi factory reset di menu pengaturan STB kamu.

Jangan panik juga kalo pasca reset, STB lama nyala atau stuck di logo, soalnya biasanya STB butuh waktu cukup lama buat nyalain ulang sistem operasinya setelah direset ke pengaturan pabrik.

Jadi, begitulah cara mengatasi masalah set top box tidak berfungsi. Berbagai cara di atas bisa kamu coba buat ngatasi masalah kayak STB nggak ada sinyal, nggak bisa internet, mati total, nggak bisa nangkep siaran TV digital, atau masalah lainnya. Semoga bisa membantu, ya!