Daftar Frekuensi TV Digital Kepanjen Terbaru & Sekitarnya

Seputarwarganet.com – Apakah sinyal televisi UHF analog Anda hilang di Kabupaten Kepanjen, Jawa Timur? Jangan khawatir, kami memiliki daftar kode frekuensi TV digital Kepanjen yang dapat Anda simpan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Pada tanggal 2 November 2022, terjadi perubahan penting dalam dunia penyiaran televisi. Dikenal sebagai Analog Switch Off (ASO), peristiwa ini menghentikan siaran televisi analog dan secara otomatis memindahkan semua siaran ke format televisi digital.

Sekarang, dengan teknologi canggih pada TV digital, Anda dapat menikmati gambar berkualitas tinggi dan suara yang jernih. Tidak ada lagi gangguan seperti bintik-bintik kecil atau “semut-semut” pada layar TV seperti yang mungkin Anda alami saat menonton TV analog.

Tahukah Anda? Setiap stasiun televisi digital di Kepanjen memiliki kode frekuensi unik, yang bervariasi berdasarkan lokasi geografis tertentu. Namun, penting untuk dicatat bahwa ada beberapa stasiun televisi digital di Kepanjen yang menggunakan kode frekuensi DVB-T2 yang sama.

Kepanjen adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang sudah sepenuhnya beralih ke penyiaran televisi digital. Jika Anda ingin melakukan scan ulang saluran TV digital secara manual melalui STB, sangat berguna untuk memiliki daftar frekuensi TV digital Kepanjen dan wilayah sekitarnya.

Daftar Frekuensi TV Digital Kepanjen dan Sekitarnya

Berikut ini terdapat daftar kode frekuensi untuk berbagai saluran TV digital yang dapat Anda temukan di Kabupaten Kepanjen, Jawa Timur, dan daerah sekitarnya. Anda dapat menggunakan kode frekuensi berikut ini untuk melakukan scan ulang saluran TV digital secara manual:

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Gambar Amplop Pada K Vision, Pasti Berhasil

Frekuensi 538 MHz (28 UHF)

Bagi Anda yang ingin menikmati channel seperti Indosiar, Sctv, Moji Tv, Mentari, Kompas Tv. dapat menggunakan frekuensi 538 MHz dengan kanal 28 UHF.

Frekuensi 554 MHz (31 UHF)

Pada frekuensi 554 MHz dengan kanal 31 UHF terdapat berbagai macam channel yang dapat dinikmati, seperti Tvri Nasional, Tvri Sport HD, Tvri Jawa Timur, Tvri World, Malang Tv, Dhamma Tv, Batu Tv, Agropolitan Tv, Itv Malang.

Frekuensi 578 MHz (34 UHF)

Pada saluran 34 UHF dengan frekuensi 578 Mhz terdapat berbagai macam channel yang bisa Anda nikmati seperti Metro Tv, Magna Channel, Btntv, Bbs Tv, Jtv, Gajayana TV.

Frekuensi 602 MHz (37 UHF)

Untuk Antv, TV One, VTV, Net TV, Saluran yang digunakan adalah di 37 UHF dengan frekuensi sebesar 602 MHz.

Frekuensi 626 MHz (40 UHF)

Selanjutnya, untuk Trans Tv, Trans 7, Cnn Indonesia, Cnbc Indonesia, Saluran yang digunakan adalah di 40 UHF dengan frekuensi sebesar 626 MHz.

Frekuensi 650 MHz (43 UHF)

Terakhir, Rcti, Mnctv, Gtv, iNews Tv, Ubtv, dapat ditemukan pada frekuensi 650 MHz dengan saluran yang digunakan yakni di 43 UHF.

Setelah Anda mendapatkan daftar Kode Frekuensi TV Digital Kepanjen, langkah selanjutnya adalah melakukan pencarian secara manual. Bagi mereka yang masih menggunakan Set Top Box (STB) untuk menikmati siaran TV digital, metode ini tetap relevan dan perlu dilakukan.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi TV Digital Jombang Terbaru Untuk STB

Namun, bagi pengguna TV digital, Anda hanya perlu menjalankan pencarian otomatis untuk menampilkan semua saluran TV digital yang tersedia di wilayah Kepanjen dan sekitarnya. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menemukan siaran TV digital di Kepanjen dengan menggunakan Kode Frekuensi:

  1. Hidupkan TV digital dan STB.
  2. Pilih opsi “Pencarian” yang tersedia di layar utama.
  3. Pilih metode pencarian “Manual”.
  4. Masukkan kode frekuensi sesuai dengan saluran yang ingin Anda tampilkan. Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari iNews, GTV, RCTI, MNCTV, masukkan saluran 41 UHF dengan frekuensi 634 MHz.
  5. Tekan tombol “Mulai” dan kemudian tekan tombol “OK” pada remote control.
  6. TV digital akan memulai proses pencarian untuk saluran-saluran tersebut. Mohon bersabar dan tunggu hingga proses pencarian selesai.

Perlu diingat bahwa frekuensi TV digital ini berlaku juga untuk wilayah Kepanjen dan sekitarnya, sehingga Anda dapat menikmati siaran-siaran TV digital dengan mudah menggunakan panduan di atas.

Kenapa Channel TV Digital Kepanjen Sedikit?

Bagi banyak warga Kepanjen dan sekitarnya yang baru saja beralih ke siaran digital, bisa jadi mereka menghadapi tantangan dalam menangkap siaran TV digital dengan baik. Tersedia beragam faktor yang dapat memengaruhi situasi ini, namun salah satu faktor yang paling krusial adalah antena yang digunakan.

Baca Juga:  Tips for Choosing an Internet Provider Near Me

Pemasangan antena, jenis antena yang digunakan, dan posisinya memiliki dampak signifikan pada jumlah saluran TV digital yang dapat diakses. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa antena terpasang dengan benar.

Berikut adalah panduan sederhana yang dapat Anda ikuti:

  1. Sambungkan kabel antena ke port antena pada Set Top Box (STB) atau TV digital Anda. Pastikan kabel antena dalam kondisi baik, bebas dari karat, putus, sobek, atau kerusakan lainnya.
  2. Cobalah untuk mengatur posisi antena agar menghadap ke arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda.
  3. Anda bisa menggunakan aplikasi “Sinyal TV Digital” yang tersedia di Playstore untuk memantau posisi dan lokasi tower pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda saat ini. Atau, alternatifnya, Anda bisa mengikuti arah dan posisi antena yang berhasil digunakan oleh orang lain yang berhasil menangkap banyak saluran TV digital.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk melakukan pemindaian ulang saluran TV digital Anda. Anda dapat melakukannya secara otomatis atau manual dengan menggunakan daftar frekuensi TV digital Kepanjen terbaru yang telah kami bagikan sebelumnya.

Ingatlah bahwa setiap saluran TV digital di Kepanjen memiliki kode frekuensi yang berbeda, dan kemungkinan ada perubahan di masa mendatang yang perlu diperhatikan. Demikian informasi yang dapat Kami bagikan, semoga bermanfaat ya!