Cara Setting TV Digital Sony Tanpa STB Terbaru Untuk Pemula

Seputarwarganet.com – Setelah siaran televisi analog resmi dimatikan, banyak pengguna TV Sony Bravia atau model TV lainnya yang bertanya-tanya tentang cara setting TV digital Sony tanpa menggunakan STB.

Nah, sebenarnya hal ini sangat mungkin dilakukan, selama TV Sony Anda dilengkapi dengan fitur DVB-T2 yang berfungsi untuk menangkap sinyal digital.

Sebelum siaran televisi analog dihentikan, fitur DVB-T2 sudah ada dan digunakan untuk menangkap siaran televisi digital.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua model TV Sony dilengkapi dengan fitur ini. Hanya beberapa model TV Sony LED yang memungkinkan untuk mencari dan menonton siaran televisi digital tanpa memerlukan set top box atau perangkat tambahan lainnya.

Sebelum Anda mencoba langkah-langkah berikut untuk mengatur TV digital Sony tanpa set top box, pastikan terlebih dahulu apakah model TV Sony Anda mendukung fitur DVB-T2.

Cara yang Kami berikan ini sangat penting untuk memastikan bahwa TV Anda dapat menangkap siaran televisi digital.

Baca Juga:  Kumpulan Aplikasi Internet Gratis PC Terbaik

Cara Setting TV Digital Sony Tanpa STB

Jika Anda memiliki TV Sony dan ingin menikmati siaran TV digital, berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengaturnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya berfungsi pada beberapa model TV Sony. Jika TV Anda tidak dapat menerima siaran TV digital setelah mengikuti langkah-langkah ini.

Kemungkinan besar model TV LED Sony Anda belum mendukung siaran digital dan memerlukan Set Top Box (STB). Berikut step by step setting TV digital Sony tanpa Set Top Box:

  1. Sambungkan Kabel Antena: Hubungkan kabel antena ke port antena yang ada di TV Sony. Pastikan kabel terpasang dengan benar dan kuat agar dapat menerima siaran dengan baik.
  2. Nyalakan TV dan Buka Pengaturan: Nyalakan TV Anda dan tekan tombol [Home] pada remote. Kemudian pilih opsi [Pengaturan] dari menu utama.
  3. Konfigurasi Digital: Setelah masuk ke menu pengaturan, cari opsi [Konfigurasi Digital] dan pilih [Tuning Otomatis Digital].
  4. Ikuti Panduan Layar: TV Anda akan memandu Anda melalui proses pengaturan siaran TV digital. Ikuti semua petunjuk yang muncul di layar dengan seksama. TV Sony akan memindai saluran-saluran digital yang tersedia dan menyimpannya untuk Anda.
Baca Juga:  URL IPTV Smarters Pro Premium Gratis Terbaru, Dapatkan Disini

Harap dicatat bahwa tampilan dan posisi menu mungkin berbeda pada beberapa model TV Sony, jadi Anda mungkin perlu menyesuaikannya dengan model TV Anda.

Bagi pengguna Smart TV Sony, jika Anda ingin mencari siaran TV digital tanpa Set Top Box, disarankan untuk menonton video panduan yang tersedia.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat menyiapkan TV Sony Anda untuk menikmati siaran TV digital dengan mudah.

Cara Mengetahui TV Sony Sudah Digital atau Belum

Untuk memastikan apakah TV Sony Anda sudah mendukung siaran digital, Anda dapat melihat spesifikasi pada model TV yang digunakan.

Caranya adalah dengan mencari fitur bernama DVB-T2 dalam tabel spesifikasi. Jika fitur tersebut ada, maka TV Sony Anda sudah mendukung siaran digital.

Baca Juga:  Download Firmware TV LG LED & LCD Terlengkap Berikut Cara Settingnya

Alternatif lainnya adalah mencoba melalukan setting TV Sony Anda tanpa menggunakan set top box terlebih dahulu.

Jika Anda dapat mengakses siaran digital dengan sukses, itu berarti TV Sony Anda sudah mendukungnya.

Namun, perlu diingat bahwa hampir semua Smart TV Sony sudah memiliki kemampuan untuk siaran digital, sedangkan pada beberapa TV LED Sony, ada yang sudah mendukung siaran digital dan ada pula yang belum mendukung.

Dengan dua cara di atas, pemula seharusnya dapat dengan mudah memahami dan mengetahui apakah TV Sony mereka sudah mendukung siaran digital.

Jika fitur DVB-T2 ada atau dapat melakukan setting TV Sony tanpa set top box untuk siaran digital, maka TV Anda sudah siap untuk menikmati siaran berkualitas tinggi secara digital.