6+ Cara Memperbaiki Siaran Trans TV Digital Hilang Pada STB

Seputarwarganet.com – Setelah Anda mengganti ke set top box, mungkin Anda mengalami situasi di mana siaran trans tv digital hilang pada set top box Anda, meskipun sebelumnya sinyal tersebut tersedia dan dapat diterima dengan baik.

Bukan hanya siaran Trans TV yang mengalami masalah ini, tetapi ada beberapa saluran TV digital lain yang juga sering mengalami kehilangan sinyal sejak penghentian siaran analog.

Masalah ini dapat menjadi serius terutama bagi mereka yang menyukai berbagai acara yang ditayangkan di Trans TV.

Ketika menggunakan set top box, terkadang terjadi masalah di mana channel Trans TV hilang, dan hal ini tidak tergantung pada merek set top box yang digunakan.

Biasanya, masalah ini disebabkan oleh perubahan frekuensi pada saluran TV atau masalah teknis lainnya yang menyebabkan set top box tidak dapat menangkap semua saluran TV digital.

Ironisnya, banyak pengguna set top box berharap dapat terus menonton acara favorit mereka di channel Trans TV atau saluran lokal lainnya setelah membeli perangkat tersebut.

Namun, seringkali terjadi ketidakstabilan sinyal digital, yang menyebabkan hilangnya siaran TV secara sporadis.

Anda tidak perlu khawatir akan hal diatas, Karena disini Kami akan berbagi tutorial tentang bagaimana memperbaiki siaran trans TV digital hilang, simak penjelasan dibawah ini ya!

Cara Memperbaiki Siaran Trans TV Digital Hilang

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki masalah hilangnya sinyal Trans TV pada set top box (STB):

Langkah 1: Scan Ulang Siaran Trans TV

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengembalikan channel Trans TV yang hilang pada STB adalah dengan melakukan scan ulang siaran trans TV digital.

Cara ini menurut Kami telah terbukti efektif dalam mengatasi masalah sedikitnya channel TV digital pada set top box.

Setiap model set top box memiliki cara yang berbeda dalam melakukan pemindaian ulang channel TV, namun umumnya opsi ini dapat diakses melalui menu “Pencarian” atau opsi serupa.

Baca Juga:  Download Firmware TV LG LED & LCD Terlengkap Berikut Cara Settingnya

Untuk memberikan contoh, kami akan menggunakan set top box Matrix Apple HD sebagai referensi dalam menjelaskan langkah-langkahnya:

  1. Pastikan set top box Anda terhubung dengan televisi.
  2. Sambungkan antena ke set top box.
  3. Nyalakan televisi dan set top box.
  4. Tekan tombol “Menu” pada remote set top box, kemudian pilih opsi “Pencarian” (atau istilah serupa).
  5. Di menu Pencarian, pilih opsi “DVB-T2” pada bagian Mode Pencarian, pilih “Semua” pada opsi Jenis Pencarian, pilih “Indonesia” pada opsi Negara/Wilayah, dan pastikan “Daya Antena” dalam keadaan “Aktif”.
  6. Selanjutnya, pilih opsi “Pencarian Otomatis” atau “Auto Search”, kemudian tekan tombol “OK” pada remote set top box.
  7. Tunggu sampai proses pemindaian ulang siaran TV digital selesai.

Catatan: Cara ini mungkin dapat bervariasi tergantung pada model set top box yang digunakan. Pastikan mengikuti petunjuk yang tertera pada manual pengguna atau menu set top box Anda untuk melakukan pemindaian ulang channel TV dengan benar.

Langkah 2: Check Kabel dan Jack Antena

Salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas siaran yang diterima adalah antena TV. Jika terdapat masalah pada antena TV Anda, kemungkinan besar set top box tidak akan menerima channel digital dengan baik atau sinyal digital akan menjadi tidak stabil.

Jika Anda mengalami kehilangan siaran Trans TV atau saluran lainnya pada set top box, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa kondisi kabel dan jack antena. Pastikan jack antena terhubung dengan baik ke set top box dan tidak kendur.

Pastikan juga bahwa pemasangan jack antena telah dilakukan dengan benar agar set top box dapat menerima channel TV digital dengan baik.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa

Langkah 3: Menggunakan Antena Luar (Outdoor)

Untuk mendapatkan siaran TV digital dengan maksimal, penggunaan antena outdoor menrutu Kami adalah pilihan yang tepat.

Antena outdoor memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas, sehingga memungkinkan set top box untuk menangkap lebih banyak siaran.

Di sisi lain, penggunaan antena indoor (dalam ruangan) tidak disarankan untuk set top box. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa antena indoor cenderung menghasilkan kualitas penerimaan yang buruk.

Biasanya, penggunaan antena indoor menyebabkan jumlah channel TV digital yang tersedia sangat sedikit atau bahkan tidak ada satupun channel yang dapat ditangkap oleh set top box.

Langkah 4: Atur Posisi Antena

Posisi antena memainkan peran penting dalam kualitas sinyal digital yang diterima. Untuk mendapatkan sinyal yang kuat, penting bagi Anda untuk menyesuaikan ketinggian dan arah antena dengan benar.

Salah satu cara yang Kami sarankan adalah adalah coba mengamati arah antena orang lain yang berhasil mendapatkan siaran Trans TV dan saluran lainnya melalui set top box mereka.

Pastikan antena diarahkan ke pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda. Untuk memudahkan, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama SinyalTVdigital yang tersedia di Google Play Store.

Aplikasi tersebut akan membantu Anda mengetahui arah pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda saat ini, sehingga Anda dapat mengatur arah antena dengan lebih akurat.

Langkah 5: Update Firmware Set top Box

Jika Anda mengalami masalah kenapa trans TV digital hilang kemungkinan penyebabnya adalah malfungsi pada perangkat lunak (software) set top box (STB) Anda.

Jika tersedia versi perangkat lunak terbaru, disarankan untuk segera meng-upgrade ke versi tersebut agar sistem STB Anda minim kesalahan (error) dan masalah lainnya.

Beberapa model set top box biasanya memberikan notifikasi jika ada versi perangkat lunak terbaru yang tersedia saat STB terhubung ke internet.

Baca Juga:  3 Cara Setting TV Digital Panasonic Tanpa STB Dengan Mudah Tanpa Ribet

Selain itu, Anda juga dapat meng-upgrade perangkat lunak STB secara manual melalui penggunaan flashdisk.

Langkah 6: Reset Ulang STB

Kami pernah menghadapi situasi di mana set top box tidak menerima siaran sama sekali. Setelah mencoba beberapa metode, kami berhasil memperbaikinya dengan melakukan reset pabrik pada set top box.

Setiap model set top box memiliki cara yang berbeda untuk melakukan reset ulang. Disarankan untuk merujuk pada buku panduan (jika tersedia) atau mencari tutorial online yang sesuai dengan merek dan model set top box yang Anda gunakan.

Jika saat melakukan reset ulang STB diminta untuk memasukkan password sistem, Anda dapat mencoba menggunakan angka “00000”, yang umumnya merupakan password default untuk kebanyakan model set top box ketika ingin melakukan reset ulang.

Untuk memperbaiki masalah ketika sinyal Trans TV digital hilang (tidak ada sinyal) pada set top box, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kesimpulannya, masalah ini sering terjadi sejak penghentian siaran analog. Salah satu penyebabnya adalah karena ketidakstabilan sinyal TV digital di beberapa wilayah di Indonesia.

Kami menyarankan untuk selalu memeriksa kabel dan jack antena, serta memperhatikan posisi dan arah antena untuk memaksimalkan penerimaan sinyal.

Jika masalah terus berlanjut, memperbarui perangkat lunak (software) set top box atau melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik juga bisa menjadi solusi yang efektif.

Penting juga untuk menyadari bahwa dalam beberapa kasus, perluasan jangkauan antena dengan menggunakan antena outdoor mungkin diperlukan untuk mendapatkan sinyal TV digital yang lebih stabil.

Demikian cara memperbaiki masalah kenapa siaran trans TV digital hilang pada set top box yang sudah Kami jelaskan lengkap disini. Semoga bermanfaat ya sobat warganet!