Kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan disebut

Jawaban dari pertanyaan kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan disebut aset atau aktiva.

Lalu muncul pertanyaan apa itu a? Temukan jawabannya pada artikel dibawah ini.

Apa itu Aset?

Menurut Investopedia, aset dalam bisnis adalah barang berharga yang dimiliki oleh perusahaan (Liberto, 2020.) Dapat berupa barang berwujud seperti kendaraan perusahaan, real estat, komputer dan peralatan, perabot kantor, unit rak gondola, dan perlengkapan lainnya, atau hal-hal tidak berwujud seperti kekayaan intelektual seperti paten dan proses terdaftar. Ada tiga sifat dasar yang dimiliki aset:

  1. Kepemilikan: semua aset dalam bisnis adalah properti yang dimiliki yang pada akhirnya dapat diubah menjadi uang tunai atau setara kas, seperti inventaris atau paten.
  2. Nilai moneter: semua aset harus memiliki nilai ekonomi yang dapat dimonetisasi atau dijual. Aset harus dapat dinilai dan dapat diukur.
  3. Sumber daya: aset juga dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan finansial dengan menjualnya atau mengubahnya menjadi sesuatu yang dapat dijual – Misalnya, bahan mentah (CFI, 2019).
Baca Juga:  Jawaban Soal Untuk Melakukan Gerakan Berlari Bagian Tubuh Yang Digunakan Adalah

Jenis – Jenis Aset

Aset dalam bisnis dipisahkan di neraca sebagai aset lancar dan aset tidak lancar. Aset lancar dalam bisnis adalah aset yang dapat diubah menjadi uang tunai dalam waktu satu tahun.

Beberapa contoh aset lancar adalah kas aktual, inventaris, dan, seperti disebutkan sebelumnya, piutang—utang kepada perusahaan Anda untuk barang atau jasa yang telah dikirimkan atau digunakan tetapi belum dibayar oleh pelanggan.

Aset tidak lancar dalam bisnis adalah aset jangka panjang Anda. Ini adalah aset yang lebih sulit untuk diubah menjadi uang tunai dan diharapkan memberikan nilai lebih dari satu tahun.

Aset tidak lancar dalam bisnis termasuk barang-barang seperti real estat, infrastruktur, dan peralatan. Jenis aset ini biasanya disebut sebagai “aset yang dikapitalisasi” karena biayanya dikapitalisasi dan dibebankan selama masa pakai aset dalam proses yang disebut depresiasi (Liberto, 2020.)

Penyusutan adalah bagaimana bisnis kecil Anda dapat memperhitungkan nilai suatu aset. aset dari waktu ke waktu, dengan mempertimbangkan harapan hidup item tersebut.

Baca Juga:  Jawaban Soal Orang Yang Tidak Mau Bekerja Sama Berarti Memiliki Sikap

Cara Mengidentifikasi Aset Bisnis

Apa aset bisnis Anda? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus menentukan akun aset Anda yang sebenarnya. Pertama, buat daftar semua yang dimiliki perusahaan Anda; kemudian pisahkan item dalam daftar Anda menjadi aset lancar dan tidak lancar.

Ada tiga kategori untuk membantu Anda mengklasifikasikan aset dalam bisnis:

  1. Konvertibilitas: Anda dapat mengklasifikasikan aset Anda berdasarkan betapa mudahnya mengubahnya menjadi uang tunai.
  2. Keberadaan fisik: mengklasifikasikan aset berdasarkan keberadaan fisiknya sebagai aset berwujud atau tidak berwujud.
  3. Penggunaan: kategori ini memungkinkan Anda untuk mengklasifikasikan aset berdasarkan bagaimana mereka digunakan dalam operasi Anda.

Mengklasifikasikan aset sangat penting untuk bisnis. Ini adalah beberapa komponen penting dalam menyusun laporan keuangan, yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan Anda.

Misalnya, memahami aset mana yang merupakan aset lancar dan mana yang merupakan aset tetap penting untuk mengetahui kekayaan bersih modal kerja perusahaan.

Baca Juga:  Jawaban Soal Nilai Pakai Dalam Aspek Seni Berkaitan Dengan

Dalam skenario perusahaan dalam industri berisiko tinggi, memahami aset mana yang berwujud dan tidak berwujud membantu menilai kemampuannya untuk melikuidasi aset dengan cepat jika diperlukan.

Misalnya, dalam industri seperti pertanian—yang sangat bergantung pada kondisi iklim—mengetahui aset mana yang dapat dikonversi menjadi uang tunai membantu mengurangi risiko kerugian jika terjadi kekeringan yang tidak terduga.

Menentukan aset mana yang merupakan aset operasi dan aset mana yang merupakan aset non-operasional akan memungkinkan Anda melihat bagaimana setiap aset memengaruhi pendapatan Anda dan membantu memberikan gambaran mendetail tentang dari mana pendapatan perusahaan Anda berasal.

Selain itu, nilai yang ditempatkan pada aset tidak berwujud, seperti proses, pengetahuan, hubungan, dan kekayaan intelektual, tidak boleh diabaikan.

Kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan disebut

Dari penjelasan diatas Kita sudah dapat mengetahui aset merupakan kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan, mengetahui aset dalam bisnis sangat diperlukan dan menjadi penting.